Friday, November 17, 2006

Daging Sapi cah Cabe Hijau

Hasil modifikasi resep asli yang pakai ayam. Pikir-pikir...enak juga kalo bisa makan nasi daging cah cabe ijo ala bakmi GM deh..bikin aah!!

Bahan :
100 gram daging has dalam, potong sesuai selera
6 buah cabe hijau iris serong
100 ml air

Bumbu :
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm saos tiram
garam
gula
25 ml air tepung maizena (untuk pengental)

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih hingga setengah matang, masukkan cabe, tumis sebentar
2. Masukkan daging dan aduk hingga setengah matang, tambahkan air
3. Masukkan saos tiram, gula dan garam secukupnya, aduk hingga daging matang
4. Masukkan air larutan tepung maizena untuk pengental, tunggu hingga mendidih, angkat
5. Menghidangkan : Cetak nasi panas dengan mangkuk, letakkan di atas piring. Tuang daging sapu cah cabai hijau.

TIPS :
Pilih cabai hijau yang tua agar tidak pahit dan kalau tidak mau pedas, buang dulu bijinya.

4 comments:

Firdaus said...

thanks for the recipe, easy to make & so yummy..

triastuti said...

terimakasih resepnya, sangat simpel tetapi lezat rasanya. Amat membantu saya menghidangkan masakan cepat dan lezat di tengah kesibukan. Juga terimakasih resep boleh dicopy paste..:))

Mirisa Hasfaria said...

Dear Mbak,
Salam dari Fayetteville, Arkansas, USA. Saya sudah dua kali memasak Daging Sapi Cah Cabe Hijau menggunakan resep ini. Tapi yang kedua kalinya, harus saya modifikasi nih resep, Mbak, karna pas bongkar kulkas, baru sadar ada yang kurang dan ada yang ditambah. So, 4 hari yang lalu saya masak Sate Daging Sapi, yang juga dimodifikasi karna ngak cukup waktu untuk 'marinate' dagingnya selama dua jam. So, si daging sapi walhasil direbus dengan campuran lime, peanut oil, dan Basil Parmesan Vinaigratte. Kemudian ada sedikit insiden, karna yang dimasakin ngambek dan ngak mau bawa tuh sate ke dinner bareng temannya. Jadilah saya mengundang empat teman lain untuk menghabiskan sate ala saya. Ternyata, meskipun masing-masing sudah nambah hingga dua kali, masih aja tuh sate ngak abis dimakan, karna daging yang saya buat untuk masak sate sekitar 1,2 lb (ini measurement ala Amrik, bingung convert ke kg-nya gimana, Mbak). Terpaksa, sisa sate saya simpan di kulkas, dan setelah 4 hari saya olah kembali ala Daging Sapi Cah Cabe Hijau dan dimodifikasi: 4 buah cabe rawit hijau (yang udah tua, so ngak terlalu pedas seperti tips Mbak), 1 sendok teh chili garlic sauce, 1 sendok teh oyster sauce (ini yang ternyata kurang, hiks), dan daging satenya udah ditemani zucchini dan red paprika. Ketika hampir matang sebelum dimasukin mazeina, dirasa-rasa agak kepedasan, jadilah ditambahin gula sampai 4 sendok teh. Dan taraaaaa, enak Mbak. Makasih ya buat sharing resepnya.

@ririecili said...

udah dicoba dan Lekker!!! Saya tambahin Roy*o daging sapi jadi makin enaaak..
Terimakasih Mbak :D