Wednesday, September 20, 2006

Cah Kangkung FE

Buat yang kuliah di FE UI sekitaran periode 2000-an (sampe sekarang) saat kafe (KAntin FE) sudah pindah ke tempat baru yang 2 lantai, cah kangkung ini digemari banget. Tapi klo mo mesen, ya siap-siap aja kelaperan, karena made to order (baca : lama nungguin bikinnya!!). Perpaduan yang pas antara kangkung, ayam, telor puyuh, tomat dan jamur. Bikin nya gampang, modalnya pun ga mahal.

Met nyoba dan buat yang lagi jauh dari depok dan kangen, bisa masak sendiri (ato nunjukin resep ini ke pembantu ato ibunda..hehehe).


Bahan:
1 ikat kangkung, cuci bersih, petik/potong, tiriskan.
6 butir telur puyuh rebus, sudah dikupas kulit (iyalahh!!)
fillet ayam (ini bisa diambil dari ayam potongan yang kamu ambil dagingnya)
5 buah jamur kancing

Bumbu :
2 sdm tauco
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
cabe rawit dan cabe merah, sesuai selera
Semua bumbu diiris halus saja. (kalau mo rajin, silahkan ulek, tapi lebih enak bumbunya diiris jadi pas makan, bawang-bawangnya ikut kegigit jadi yummy)

Cara Membuatnya :
1. Tumis Bumbu sampai harum (mesti sampai harum ya! - tapi jangan gosong : jangan kegedean api ya!)
2. Masukkan daging ayam, tumis sampai daging setengah matang. Masukin juga jamur.
3. Masukkan kangkung dan langsung besarkan api, masukkan lagi gula pasir, garam, dan lada sesuai selera, aduk-aduk sampe rata, (Klo takeran aku sih, garemnya 1 sdt, gulanya 1 sdm, dan tanpa lada..hehehhehe), trus TUTUP wajannya.
4. Kira-kira 2 menit, buka wajan. Masukkan tomat dan telur puyuhnya. Lihat apakah perlu ditambah air (karena biasanya kangkung / sayur klo dimasak ngeluarin air kan). Ato, tambah air sesuka kamu. Dan cicipin yah.
5. Tunggu sampe kangkung mateng (jangan kelembekan), angkat.
Jadi deh. Selamat makan!

TIPS :
Pernah makan kangkung yang warnanya hijau dan terlihat segar tapi pas digigit matang dan renyahnya pas? kuncinya ada di besarnya api & wajan yang ditutup. Jadi, setelah kangkung masuk, besarkan api dan tutup wajan. Semoga kangkungnya nikmad dan uendang (ga pake estaurina taukk..garink soale).
Met nyoba dan jangan lupa baca Bismillahirohmanirrohiiim.

3 comments:

Anonymous said...

Mbak, thanks atas resepnya terutama tips nya, mo coba ah

br//poppy

Anonymous said...

Resepnya cihuy mba, mayan buat nambah katalog istri masak di rumah :) - adul

usaha laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry